Penggunaan data science dapat membantu pemilik bisnis mengetahui dan melacak informasi yang dibutuhkan untuk membuat keputusan bisnis.
Dalam melakukan bisnis, diperlukan pembuatan keputusan yang tepat. Pembuatan keputusan yang tepat dapat menentukan langkah yang tepat pula dalam menentukan strategi bisnis.
Bagaimana kita bisa tau kalau pembuatan keputusan kita sudah tepat? Disinilah data berperan penting dalam berbisnis.
Pentingnya Menganalisis Data
Pemilik bisnis biasanya lebih mengandalkan data yang bersifat subjektif, namun faktanya, sumber data ini tidak dapat dipercaya untuk membuat keputusan bisnis yang penting.
Dengan kata lain, tidak memanfaatkan data dalam pengambilan keputusan bisnis dapat menempatkan perusahaan dalam resiko.
Dari segi pemasaran, pemilik bisnis cenderung mendapat data dari “pengalaman masa lalu” atau bertanya langsung pada konsumen.
Kebanyakan pemilik bisnis kurang memahami bagaimana cara memperoleh data yang berkualitas.
Padahal, penggunaan data sangat berpengaruh pada perkembangan bisnis usaha segala jenis sektor.
Data dapat membantu kita mempelajari tingkah laku konsumen dan memprediksi tren pasar. Sementara, analisis data memungkinkan kita menilai dan memantau perkembangan perusahaan. Tidak hanya itu, analisis data membantu kita memahami target audience, serta membuat keputusan yang berdasarkan fakta, bukan emosional semata.
Maka dari itu, beberapa perusahaan kecil kini telah menerapkan strategi pemasaran digital dan mengumpulkan data dengan bantuan internet. Internet menjadi hal pertama yang dicapai untuk mencari info produk atau layanan, sehingga strategi pemasaran digital menjadi hal yang penting bagi perusahaan jaman kekinian.
Bagaimana cara melakukan analisis data?
Ada 4 (empat) cara analisis berbeda yang dapat digunakan berdasarkan data dan informasi yang kita peroleh.
Yang pertama, analisis deskriptif. Analisis deskriptif memungkinkan kita untuk memberi gambaran, pemahaman, dan meninjau sesuatu yang telah terjadi.
Yang kedua, analisis diagnostik. Analisis diagnostik memungkinkan kita untuk memperdalam deskripsi info yang telah kita dapat, dengan cara menentukan alasan dibalik sesuatu yang telah terjadi.
Yang ketiga, analisis prediktif. Analisis prediktif memungkinkan kita untuk memanfaatkan data sebelumnya untuk mempelajari sejarah tren, sehingga kita dapat membuat asumsi akan apa yang terjadi di masa depan.
Yang keempat, analisis preskriptif. Analisis preskriptif memungkinkan kita untuk menyusun tujuan atau sasaran bisnis dan merancang kegiatan yang bisa dilakukan.
Manfaat Analisis Data untuk Pengambilan Keputusan
Meskipun sulit menentukan apa yang terjadi di masa depan, analisis prediktif membantu kita untuk memahami perilaku konsumen, sehingga kita bisa memprediksi reaksi target audiens akan strategi tertentu. Contohnya, perangkat lunak analisis web dapat membantu kita melihat konversi terbanyak, sehingga kita dapat memodifikasi hal tersebut agar semakin optimal.
Analisis data juga dapat digunakan untuk memahami hasil yang didapatkan dan memahami faktor-faktor yang mengakibatkan hasil tersebut. Contohnya, Ketika sebuah campaign tidak berjalan dengan memuaskan, data yang diperoleh bisa memberi tahu kita apa yang salah, sementara analisis data bisa membantu kita membuat keputusan yang lebih baik lagi.
Bahkan terkadang, campaign yang kelihatan kurang berhasil, ketika diteliti secara data, bisa saja justru memberi gambaran yang semakin lengkap dan menunjukkan adanya perkembangan – atau sebaliknya. Dari sini, analisis data memberikan keuntungan tersendiri dengan memungkinkan kita untuk melakukan modifikasi secara garis besar.
Memiliki pemahaman data mengenai pelanggan dari berbagai aspek akan membantu kita membuat keputusan yang lebih signifikan. Semakin dalam wawasan kita terhadap pelanggan, semakin strategis pula keputusan dan relasi kita terhadap pelanggan.
Menetapkan Keputusan Bisnis Berbasis Data
Untuk mendorong keputusan bisnis, pemilik bisnis sebaiknya membangun kebiasaan untuk mengumpulkan data dan menjadikan analisis data sebagai prioritas sebelum mengambil keputusan.
Beberapa hal yang dapat dipertimbangkan sebelum pengambilan keputusan, antara lain:
1. Tetapkan tujuan atau sasaran yang jelas
Dengan menetapkan tujuan dan menentukan sasaran penggunaan data, kita bisa memilih apakah data akan digunakan untuk meningkatkan prospek penjualan, brand awareness, dan lain-lain.
2. Gunakan tools yang tepat
Meluangkan waktu untuk mempelajari tools pengolah data adalah sebuah investasi diri. Penggunaan teknologi akan mempermudah pekerjaan apabila dipelajari dengan baik, dan tentunya akan merugikan jika tidak dimanfaatkan dengan maksimal.
3. Pelajari kompetitor bisnis
Salah satu cara cepat mengetahui target audiens adalah melalui kompetitor. Selalu ingat bahwa pembuatan keputusan strategis ini berfungsi untuk mengungguli kompetitor kita. Selain itu, kesuksesan kompetitor dapat membantu kita memahami bagaimana cara mereka menarik pelanggan.
4. Penyajian data secara visual
Visualisasi data sama pentingnya seperti melakukan analisis data. Untuk memastikan data dapat dipahami, visualisasi data dapat membantu memaparkan analisis data yang telah dilakukan. Semakin jelas pemahaman diberikan, semakin cepat pula pengambilan keputusan.
Keputusan bisnis yang tidak didukung oleh analisis data akan membahayakan perusahaan. Hal ini memicu setiap pemilik bisnis – baik itu dari skala kecil, menengah, maupun besar – untuk merekrut pakar data.
Dalam sesi WEBINAR yang diadakan oleh Intelligo.ID bertajuk, “Data Science for Business: Transforming Data into Data Driven Solution Making,” yang diadakan pada tanggal 15 Februari 2023, akan dibahas secara lengkap, bagaimana mengubah data menjadi keputusan bisnis berbasis data.
Dengan pemateri yang pastinya profesional di bidangnya, Sobat Mintell tak hanya dijejali dengan teori-teori, melainkan juga bagaimana mempraktekkan teori tersebut.
Maka dari itu, panjang durasi Webinar ini tidak ditentukan secara pasti, karena Intelligo.ID memberi kesempatan untuk melakukan sesi QnA tak terbatas.